Building Good Habit
  • Building Good Habit

Building Good Habit

BUILDING GOOD HABITS

 

Judul Buku : Building Good Habits

Penerbit : Bitread Publishing

Tahun terbit : 2020

Kota terbit : Bandung

Jumlah halaman : 161

ISBN : 9786232245297

 

 

Buku dengan tebal 161 halaman ini merupakan kumpulan tulisan essai dari 34 penulis dan ada 35 essai di dalamnya. Penulis yang berasal dari beragam latar belakang pekerjaan dan profesi bersatu dalam satu buku menuliskan esai essai mereka. Mengambil tema membangun kebiasaan baik. Tulisan tulisan yang ada dalam buku ini melihat tema besar yaitu membangun kebiasaan baik dari sudut pandang yang berbeda beda.

Dari 35 tulisan essai yang ada beragam sudut pandang yang muncul di dalam nya. Tulisan tulisan yang dilihat dari sudut pandang penulis sebagai ahli. Tulisan tulisan essai ini diangkat dari pengalaman pengalaman para penulisnya dalam menumbuhkan kebiasaan baik yang dilakukannya. Kebiasaan baik yang ditumbuhkan dalam lingkungan keluarga, lingkungan kerja ,maupun lingkungan sosial masyarakat yang penulis tinggal dan berinteraksi di dalamnya.

Beberapa tulisan yang ada di dalam buku Building Good Habit ini diantaranya tentang refleksi yang ditulis oleh Qurrotul Uyun, dalam essai nya dia memaparkan tentang perlunya kita melakukan refleksi dalam keseharian. Refleksi adalah kegiatan mencatat aktifitas keseharian sebelum menjelang tidur dan dilakukan secara rutin setiap hari. Melakukan refleksi setiap hari akan membantu kita mengevaluasi apa saja yang sudah dilakukan di sepanjang hari. Refleksi sangat baik dilakukan sebagai sarana mengenal dan  memperbaiki diricsendiri. Refleksi bisa dilakukan juga bersama keluarga di rumah. Dengan melakukan refleksi sebisa mungkin kita bisa menghindari menjadi orang yang merugi karena hari ini tidak lebih baik atau minimal sama dari hari kemarin.

Masih banyak sudut pandang yang ditulis dalam  kumpulan essai ini, diantaranya parenting, peran istri sebagai istri dan ibu, literasi dan kebiasaan membaca, self healing, kebiasaan kebiasaan sehari hari yang baik dan masih banyak lagi.

Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang ringan dan mengalir apa adanya. Seperti kita menuangkan pikiran dan berbicara kepada diri kita sendiri. Mengambil sudut pandang penulis sebagai ahli. Enak dibaca dan memberi inspirasi untuk membangun kebiasaan kebiasaan baik dalam kehidupan kita baik sebagai pribadi maupun sebagai bagian dari anggota keluarga dan masyarakat. (pustakawan)