Perpustakaan memperoleh nilai Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI
  • Perpustakaan memperoleh nilai Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan memperoleh nilai Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI

  • Admin
  • 11 Jan 2021
  • Berita Terbaru

Perpustakaan SMA Pesantren Unggul Al Bayan pada tahun 2020 sudah melakukan kegiatan akreditasi perpustakaan . Kegiatan akreditasi perpustakaan dilakukan oleh PERPUSNAS yang di koordinir oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Barat. Alhamdulillah, berkat kerja keras dan kerja sama semua dalam melaksanakan layanan dan kegiatan di perpustakaan, perpustakaan Dr.Muslih Muhsin SMA Pesantren Unggul Al Bayan mendapatkan nilai akreditasi A dari PERPUSNAS.

Akreditasi perpustakaan adalah salah penilaian terhadap perpustakaan yang mengacu pada Standar Nasional Perpustakaan (SNP ). SNP untuk perpustakaan tingkat SMA adalah SNP no 12 tahun 2017 berdasarkan peraturan kepala perpustakaan nasional . Ada 6 standar yang harus memenuhi kriteria penilaian dalam pelaksanaan akreditasi perpustakaan. Standar tersebut adalah :

  1. Standar Koleksi
  2. Standar Sarana dan Prasarana
  3. Standar Pelayanan Perpustakaan
  4. Standar Tenaga Perpustakaan
  5. Standar Penyelenggaraan
  6. Standar Pengelolaan

Akreditasi perpustakaan merupakan pengakuan secara formal dari PERPUSNAS bahwasanya perpustakaan sudah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan. Akreditasi perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam hal ini pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin kualitas kegiatan perpustakaan. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan terakreditasinya sebuah lembaga perpustakaan , diantaranya :

  1. Pelaksanaan dari UU no 43 tahun 2007 pasal 18 tentang perpustakaan
  2. Standar untuk mengukur  keberhasilan perpustakaan dilihat dari nilai akreditasi
  3. Meningkatkan kepercayaan dan konsistensi terhadap kegiatan perpustakaan

Semoga dengan perolehan nilai akreditasi A ini dapat lebih meningkatkan lagi semangat kerja dan meningkatkan kualitas layanan perpustakaan serta menjadisalah  komponen utama dalam mendukung peningkatan prestasi belajar dan mengajar para siswa dan guru.