Workshop Kelas Menulis
  • Workshop Kelas Menulis

Workshop Kelas Menulis

  • Admin
  • 04 Nov 2021
  • Berita Terbaru

Keterampilan menulis adalah salah satu kemampuan yang sebaiknya dimiliki oleh siswa. Mahir dalam menulis akan dapat memudahkan siswa dalam membuat dan menyelesaikan tugas-tugas yang sifatnya membuat makalah dan essai. Di SMA Pesantren Unggul Al Bayan sudah menjadi kewajiban untuk siswa kelas XI membuat karya tulis ilmiah (KTI) sebagai syarat untuk dapat mengikuti Ujian Sekolah. Oleh karena itu, keterampilan menulis selayaknya dimiliki oleh siswa SMA Al Bayan.

Perpustakaan mempunyai program kelas menulis sebagai bagian dari dukungan terhadap program dan kebijakan sekolah. Disamping itu pula , kelas menulis ini dilaksanakan sebagai bagian dari program literasi sekolah. Salah satu kegiatan yang ada dalam kelas menulis adalah Workshop Menulis Artikel. Workshop menulis artikel ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 4 November 2021 bertempat di ruang belajar perpustakaan. Diikuti oleh seluruh peserta yang berjumlah 11 orang, namun karena ada beberapa yang ijin akhirnya diikuti oleh 9 peserta.

Workshop menulis ini diisi oleh Hera Budiman , seorang editor bersertifikat dan sudah biasa mengadakan kelas-kelas menulis. Dalam kesempatan ini pemateri menyampaikan tentang tahapan dalam membuat artikel mulai dari pemilihan topik, memfokuskan pada satu tema yang lebih mengerucut,membuat outline hingga menuliskannya dalam satu kesatuan artikel yang utuh. Dalam kesempatan ini pula, artikel siswa di review secara random dan dianalisis.

Setelah kegiatan ini diharapkan siswa makin terampil dalam menulis dan menuangkan ide ide dalam sebuah tulisan. Berlatih menulis adalah salah satu cara untuk bisa menulis. Berlatih, berlatih dan terus berlatih.